Selamat Datang Adik-adik Calon Mahassiswa Baru di Kota Daeng...Selamat Bergabung Bersama HIPPMAP-Makassar...

Sabtu, 01 November 2008

Su Barubah ka..?*

ditulis oleh: budi malalokon

Pada zaman dahulu kala, eh bukan, pada beberapa tahun lalu, tepatnya di tahun 1990-an, di saat katong masih kecil itu, katong merasakan hidup enjoy banget. Hidup mengalir apa adanya seperti aliran air marake'e di sebelah timur katong pung nagri, eh negeri. Katong pung negeri, ya negeri Pelauw so pasti, pada masa itu, mungkin (mangkali) juga masa-masa sebelum itu, akang pung kehidupan berjalan so necerely paskali. Alamiiiiii sakali. Kira-kira seperti itu. Kalau mau mandi, langsung saja pi di aer masawae bagi yang tinggal di seputaran dusun tiga deng dusun empat. Kalau di dusun satu alias persina itu, dong biasa pigi mandi kuhu wae di parigi atau aer sambunyi deng aer di sekitar kaki aer marake'e. Jang bilang yang di dusun batu gajah lai po, dong itu pahoiny' dekat-dekat saja di dong pung balakang kompleks. Ada aer batang too, aer marake'e sudahh ka... Mandi, bacuci dan lain-lain. Kalau dusun dua dong biasa pake air parigi atau pigi ke air masawae.

Lanjut...
Katong biasa pigi sekolah kayak biasa toh, senin sampe sabtu, lalu hari minggu itu giliran katong hiking, eh bukan, katong pigi di kabong, di hutan par kalo bukan pete cengkeh, pameri, batanam di kabong, cabut rumput dan lain-lain. Pokoknya menyatu bersama alam, hehee... Hari minggu adalah hari khusus yang katong jalani akang bersama katong orang tua dan keluarga. Biasa to, rameee, ee rame yoo, apalagi kalau musim cengkeh, inee orang banyak pigi di utank. Ada yang papey, ada yang pigi langsung pulang hari itu saja. kalau yang apey too, biasanya ada juga yang pigi sekolah dari hutan. Wee pokoknya seru alee...

Kalau yang papey la sekolah dari bawah tegakan cengkeh di rumah papey itu, pagi-pagi o sudah harus berangkat ke bawah, turun-turun gunung too. Jadi subuh sudah harus bangun, lalu pigi mandi di kali. Ada wairi, waeramli, wae hatu intank dan lain-lain. Yang pasti iee dinginn oo... Tapi ee bajalang seng talalu lama lai kang kalau sampe di sekolah itu. Pigi sekolah dari hutan itu masih mendingan karena udara sejuk, udara hutan kan akang pung oksigen segar banyak. Tapi kalau balik dari sekolah par naik hutan, idee akang pung udara panas ooo... biking katong meten...

Ada satu lai, dulu itu too katong punya permainan tradisional biasa katong barmaeng sama-sama. Akang pun bahan-bahan katong dapatkan dari alam saja. Misalnya tuhal, tinggal katong pigi di utank seperti waehuhu, aer kedua, ketiga, keempat dan seterusnya, tingkatan ini menunjukkan kualitas uka' tidaknya tuhal. Tuhal itu kan akang pung tamang deng kartas bekas la katong kunya akang par peluru atau dari jambu-jambu aer atau jambu itam yang baru talapas dari bunga par jadi buah kecil. Selain tuhal, ada minateruwapal, apiong, oto gaba-gaba,, mutel, keke, tiru, perang panggel nama, endoboy, jongka, layang-layang, sepa-sepa dan lain-lain. ada permainan yang khusus putri dan ada yang khusus putra. Semuanya pula pola permainan menuntut kebersamaan. Jadinya dulu itu katong biasa barmaeng rame-rame.

Inee kalu sakarang bagimana aleee, kayaknya mulai berkurang ee karena permainan modern yang canggih-canggih itu akang seng butuh orang banyak par barmaeng akang sama-sama. Terus kalau dulu seng talalu pa'ari'a kaskaluar uang banyak-banyak par beli ini itu untuk memuaskan hasrat bermain, sekarang ini harus bayar. Jadi sudah pake bayar, barmaeng orang sadiki lagi, bahkan barmaeng sandiri-sandiri alee, kayak plaiystation. Bisa biking orang jadi egois, matre, pung hati gersang karena lupa dengan mengingat nama Tuhan, yang lebih penting lagi karena permainan modern itu mengikat minat dan hasrat bocah-bocah. Permainan tradisional jadi kurang diminati.

Memang kalau bacarita masa dulu deng masa sekarang pasti akang sudah banyak berubah tamang. Tapi setidaknya bukan berarti bahwa perubahan yang disebabkan lebih artikulatifnya nilai-nilai modernitas menyapa masyarakat kita tak bisa difilterisasi. Karena tetap saja permainan tradisional bisa diangkat kembali sebagai alternatif sosial bagi pengisian kebutuhan anak seraya menjadikannya satu model pertahanan kultural atas invasi budaya yang serba instan dan mengalienasikan individu dari akar sosial dan kulturalnya.

*tulisan ini sengaja ditulis dalam percampuran bahasa dan dialek



0 komentar:

 
© Copyright by HIPPMAP Online  |  Template by Blogspot tutorial